MASA ORIENTASI PRAMUKA (MOP)

Upaca Pembukaan MOP
Upaca Pembukaan MOP

Gerakan Pramuka merupakan suatu lembaga pendidikan non formal yang diberi tugas oleh pemerintah untuk melaksanakan pendidikan kepramukaan bagi anak – anak dan pemuda di Indonesia. Dengan demikian Gerakan Pramuka merupakan suatu wadah untuk membina dan mengembangkan generasi muda, agar menjadi warga negara yang berwatak, berkepribadian dan berbudi pekerti luhur.

Upacara Pembukaan MOP
Upacara Pembukaan MOP

Pada kesempatan itu Dewan Gelang memberikan tanaman sebagai simbol kecintaan pramuka terhadap alam dan bersedia untuk merawatnya simbolis ini juga sebagai peringatan Hari Pramuka

Penyerahan Tanaman ke Kepala sekolah
Penyerahan Tanaman ke Kepala sekolah Sekolah menerima tanaman dari Dewan GalangSekolah menerima tanaman dari Dewan Galang

 

Pembinaan dan pengembangan generasi muda (khususnya Gerakan Pramuka) yang merupakan kader-kader penerus perjuangan bangsa dalam pembangunan nasional yang Pancasila dan dilaksanakan melalui usaha-usaha meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, menanamkan dan menumbuh kembangkan kesadaran berbangsa dan bernegara, mempertebal idealisme, semangat patriotisme dan harga diri, memperkokoh kepribadian dan disiplin, memupuk kesegaran jasmani dan daya kreasi, mengembangkan kepemimpinan, ilmu, keterampilan serta mendorong partisipasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta mengandung pendidikan . Namun kalau kita lihat dalam skala nasional masih banyak masalah-masalah yang dihadapi generasi muda Indonesia. Diantara masalah yang muncul pada saat ini yaitu penggunaan narkoba, hilangnya rasa santun kepada oranglain, perkelahian dan lain-lain.

Pengajaran kemandirian dalam bertindak
Pengajaran kemandirian dalam bertindak
Perkemaahan di tengah lapangan keramik
Perkemaahan di tengah lapangan keramik

Maka untuk menghindari dari kegiatan yang bersifat negatif, memupuk rasa percaya diri, mengembangkan rasa santun, dan lain-lain maka diadakan suatu kegiatan yang positif dan atraktif. Salah satunya adalah mengadakan kegiatan Masa Orientasi Pramuka (MOP). Disamping itu seiring dengan dimasukinya tahun ajaran baru untuk siswa kelas 7, sebagai anggota baru Pramuka di SMP Negeri 6 Malang mereka perlu dilantik untuk menjadi anggota gugus depan 01083 dan 01084.

kebersamaan
kebersamaan
keakraban
keakraban
perayaan di pinggiran kehangatan api unggun
perayaan di pinggiran api unggun
bersenang-senang
bersenang-senang
dan belajar
dan belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *