Pemanfaatan QR-Code Untuk Mendata Tanaman

Pengertian QR-Code
QR-Code adalah adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar daripada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. Kode QR telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dasasan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang
Salah satu inovasi yang coba dikembangkan SMP Negeri 6 Malang adalah dengan memanfaatkan teknologi QR-Code dengan tujuan untuk mendata dan mengklasifikasikan jenis-jenis tanaman yang ada di sekolah dimana setelah dilakukan pendataan tanaman di SMP Negeri 6 Malang terdiri 3 jenis yaitu Tanaman hias, tanaman buah-sayur, tanaman toga dan tanamanan peneduh dengan jumlah kurang lebih 140 jenis tanaman (tahun 2017) seiring waktu tentunya tiap tahuan jumlah tanaman akan mengalami penambahan.
Teknologi ini bermanfaat agar warga sekolah bisa langsung tahu dan paham tentang nama tanaman yang ada di sekolah beserta dengan penjelasan dan manfaatnya, berikut ini adalah contoh dokumentasi dari kegiatan tersebut :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *