Lomba Vertical Garden antar Kelas

Vertikultur berasal dari bahasa inggris, yaitu vertical dan culture. Vertikultur merupakan teknik bercocok tanam diruang/lahan sempit dengan memanfaatkan bidang vertikal sebagai tempat bercocok tanam yang dilakukan secara bertingkat.
Tujuan vertikultur adalah untuk memanfaatkan lahan yang sempit secara optimal . Sistem bertanam secara vertikultur sekilas memang terlihat rumit, tetapi sebenarnya sangat mudah dilakukan. Tingkat kesulitan bertanam secara vertikultur. tergantung kepada model dan sistem tambahan yang dipergunakan. Dalam model sederhana, struktur dasar yang digunakan mudah diikuti dan bahan pembuatannya mudah ditemukan, sehingga dapat diterapkan di rumah-rumah. Sistem tambahan yang memerlukan keterampilan dan pengetahuan khusus, contohnya penggunaan sistem hidroponik atau irigasi tetes (Temmy, 2003).
Demikian juga karena keterbatasan lahan akhirnya di SMP Negeri 6 Malang, juga menggunakan teknik penanaman secara vertikultur atau bisa kita sebut dengan vertical garden/taman gantung, SMP Negeri 6 Malang bekerja sama dengan Wali Murid dengan mempercantik taman-taman yang sudah dibagi dengan menggunakan konsep vertical garden, berikut ini adalah dokumentasi dari kegiatan tersebut :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *