VISITASI PELAKSANAAN PROGRAM PPK DI SMPN 6

Pada hari ini tanggal 26 Agustus 2019 SMPN 6 kedatangan tamu juri PPK untuk visitasi sekolah PPK. Pada visitasi tersebut untuk ferifikasi data dengan realita yang ada di sekolah.

Serangkaian acara dari penyambutan tim Verifikasi, penjelasan tentang ruang lingkup sekolah oleh OSIS, ada juga pengecekan beberapa ruang kelas dan wawancara siswa.

Sekolah juga melibatkan Komite Perwakilan Kelas (KPK), untuk mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh sekoah

Penguatan Pendidikan Karakter. atau PPK adalah program pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati (etik dan spiritual), olah rasa (estetik), olah pikir (literasi dan numerasi) dan olah raga (kinestetik) sesuai dengan falsafah Pancasila.

Pendidikan Karakter di sekolah menempatkan nilai karakter sebagai dimensi terdalam pendidikan yang membudayakan dan memberadabkan. Untuk itu, ada 5 nilai utama karakter yang saling berkaitan membentuk jejaring nilai karakter yang perlu dikembangkan sebagai prioritas PPK. Kelima nilai karakter itu adalah sebagai berikut:

  • Religius

Nilai karakter religius mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan yang Maha Esa yang diwujudkan dalam perilaku  melaksanakan ajaran agama dan kepercayaan yang dianut, menghargai perbedaan agama, menjunjung tinggi sikap toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama dan kepercayaan lain, hidup rukun dan damai dengan pemeluk agama lain.

  • Nasionalis

Nilai karakter nasionalis merupakan cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  yang tinggi terhadap bahasa,  lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa, menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.

  • Mandiri

Nilai karakter mandiri merupakan sikap dan perilaku tidak bergantung pada orang lain dan mempergunakan segala tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi dan cita-cita.

  • Gotongroyong

Nilai karakter gotong royong mencerminkan tindakan menghargai semangat kerja sama dan bahu membahu menyelesaikan persoalan bersama, menjalin komunikasi dan persahabatan,  memberi bantuan/ pertolongan pada orang-orang yang membutuhkan.

  • Integritas

Nilai karakter integritas merupakan nilai yang mendasari perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, memiliki komitmen dan kesetiaan pada nilai-nilai kemanusiaan dan moral (integritas moral).

Adapun penerapan 5 karakter yang ada di SMPN 6 telah dilaksanakan setiap hari yaitu, Penerapan budaya saling, yaitu guru menyambut kedatangan peserta didik, kemudian pembacaan Al-quran, menyanyikan lagu kebangsaan. Dari sholat berjaah sampai dengan gotong royong membersihkan dalam rangka peduli lingkungan sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *