DIRGAHAYU INDONESIA KE 74

Pada peringatan Hari Ulang Tahun ke 74 Negara Republik Indonesia kali ini di selenggarakan sangat meriah di SMPN 6 Malang. Perayaan ini berlangsung 2 hari yaitu tanggal 15 – 16 Agustus 2019. Serta pada puncaknya adalah Upacara peringatan HUT ke 74 RI yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 17 Agustus 2019. Sedang pembagian hadiah pemenang adalah pada upacara hari senin tanggal 19 Agustus 2019, pada hari itu juga menggundang walimurid yang terbentuk dalam Komite Perwakilan Kelas atau disingkat KPK.

Adapun lomba-lomba yang di adakan ada balap sarung, footsal sarung, api merdeka, memasukkan paku dalam botol, memindahkan air dengan menggunakan kepala, pukul air, dan banyak lagi salah satunya yang sangat penting adalah lomba kerapian dan keunikan kelas yang di dalamnya terdapat penilaian sudut literasi. Lomba ini melibatkan semua warga sekolah dari guru, peserta didik, karyawan juga guru PPL dari UM. Sedangkan untuk lomba kerapian dan keunikan kelas dan sudut baca melibatkan sepenuhnya wali murid dan wali kelas selain peserta didik, hal ini mampu mempererat tali silaturohmi.

Sejak tahun ajaran baru SMPN 6 gak lagi menggunakan moving class namun mulai tahun pelajaran 2019/2020 menjadi kelas reguler, dengan alasan agar dapat memantau pergerakan peserta didik juga untuk menumbuhkan rasa memiliki dari dalam peserta didik. Maka dari itu diadakan lomba penilaian kelas agar semua kelas bisa serapi mungkin, selain menilai keindahan, kerapian tapi juga kelengkapan kelas tersebut. Penilaian tidak hanya pada kelasnya saja tapi juga terdapatnya sudut baca dengan ketentuan yang sesuai dengan kriteria yang diminta.

Selain itu Orang Tua Peserta Didik juga berpartisipasi dalam kegiatan tersbut, mereka juga sangat antusian membantu putra-putrinya dalam menghias ruang kelas mereka, agar mereka lebih nyaman dalam belajar.

Penjuriannya dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2019. Juri independen adalah dari alumni dari SMPN 6 . Penjurian dilaksanakan pada siang hari setelah Sholat jum’at, saat kondisi sekolah tidak ada peserta didik maupun guru yang ada hanya panitia dan juri saja.

Pada puncaknya yaitu tanggal 17 Agustus 2019 setelah pelaksanaan upacara Peringatan Hari Kemerdekaan, dengan pembina upacara Ibu Risna Widyawati, S.Pd selaku kepala sekolah. Diikuti oleh semua peserta didik kelas 7, 8, dan 9. Dengan petugas upacara yaitu gabungan dari OSIS dan Paskibra, dan pasukan pengibar bendera adalah pasukan dari Paskibra SMPN 6.

Sedang pada upacara bendera hari Senin tanggal 19 Agustus 2019, sekolah mengundang KPK (Komite Perwakilan Kelas) untuk mengikuti upacara bendera. Setelah upacara tersebut Kepala secara langsung memberikan piagam ucapan terima kasih dari sekolah untuk KPK atas partisipasi mereka dalam perayaan HUT ke 74 RI.

Acara dilanjutkan dengan pemberian piala untuk pemenang lomba Kerapian dan keunikan kelas juga pojok baca, serta pembagian hadiah pemenang lomba lomba kemerdekaan. Lomba ini akan dilanjutkan di setiap acara seperti peringatan HUT RI, ataupun peringatan HUT SMPN 6 selanjutnya agar peserta didik memiliki semangat untuk menjaa kebersihan dan kerapian kelas mereka. Hal ini untuk menumbuhkan rasa bertanggungjawab dan menjaga keindahan, selain itu untuk menumbuhkan semangat mereka dalam belajar di kelas.

Semua rangkungan acara tersbut sudah di rangkum dalam sebuah karya vidio yang di buat oleh AISYAH RAMADHANI PRADYASTI ARMYNDA kelas IX.6 untuk melihatnya chek DISINI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *