DARING VS LURING


Pembelajaran DARING atau dalam jaringan yaitu pembelajaran online yang dilaksanakan selama pandemi COVID-19 sebagai langkah memutuskan mata rantai penyebaran virus corona yang semakin mengganas adalah salah satu alternatif supaya pembelajaran tetap berlangsung. Hal ini/. adalah kali pertama di lakukan jadi perlu adanya banyak penyesuaian, dari menyiapkan kelas virtual dengan memanfaatkan sarana prasarana online seperti memanfaatkan Google classroom, Google Meet, Whatsapp, Zoom dan banyak lagi aplikasi yang bisa menampung banyak User sekaligus dalam sekali pertemuan. Tentunya dengan beberapa kendala dan tantangannya masing-masing. Meski begitu komunikasi antar guru dan murid tetap berjalan dengan baik dan lancar.

Berkenaan pembelajaran online atau daring, guru melakukan simulasi pembelajaran menggunanakn media pembelajaran berupa vidio pembelajaran yang di share ke anak anak. Berharap peserta didik akan mendapatkan penjelasan materi pelajaran dengan menggunakan vidio online maka peserta didik akan mengerti materi yang di sampaikan.

Adapun kendala pembelajaran tersebut selain komunikasi, dan kuota, sekolah juga menghadapi beberapa peserta didik yang tidak memiliki gadget atau perangkat yang memadai. Maka sekolah juga menyediakan pembelajaran Luring atau luar jaringan dengan kata lain pembelajaran offline dalam artian sekolah menyediakan pembelajaran yang diprintkan dan di berikan kepada peserta didik tersebut. Peserta didik bisa mengerjakan di lembar luring tersebut dimabil ke sekolah oleh walimurid dan di kerjakan oleh peserta didik di rumah, dengan syarat akan di kembalikan lagi ke guru mata pelajaran yang bersangkutan.

Author: Hari Wicaksono

Leave a Reply

Your email address will not be published.