MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH 2022



Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMP Negeri 6 Malang telah berlangsung selama tiga hari dari 18-20 Juli 2022. MPLS merupakan kegiatan pertama masuk sekolah dalam rangka pengenalan program sekolah, lingkungan sekolah, cara belajar, dan pembinaan awal kultur (budaya) sekolah.

Pada apel pembukaan Ibu Yanti Kurnia Lestari, S.Pd selaku ketua pelaksana menyampaikan bahwa kegiatan MPLS ini diikuti oleh 251 peserta yang terdiri dari lulusan siswa SD dan MI dari hasil dari seleksi PPDB tahun ini.

MPLS di SMP Negeri 6 Malang pada tahun ini mengusung tema “Mewujudkan Siswa Berprofil Pelajar Pancasila yang Mandiri dan Berbudi Pekerti” yang bertempat di indoor sekolah meliputi materi :

1.Selayang Pandang (Materi Pembiasaan dan Program-program Sekolah)
2.Wawasan Wiyatamandala
3.Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
4.Tata Tertib dan Etika Bersosial Media




Tidak hanya materi di dalam kelas saja, tetapi para siswa baru juga diajak untuk mengenal lingkungan sekolah dengan berkeliling ke semua sudut Spentaloka, serempak melaksanakan senam gembira, dan Gebyar Ekstrakurikuler.



Pelaksanaan MPLS di SMP Negeri 6 Malang tidak hanya diikuti oleh siswa baru, tetapi juga melibatkan siswa kelas 8 dan 9. Pada kesempatan yang sama Ibu Yanti menuturkan bahwa “pelibatan kelas 8 dan 9 pada MPLS tahun ini agar kelas 8 dan 9 juga melaksanakan persiapan sebelum pelajaran berlangsung dengan diisi materi-materi motivasi dan berbagai sosialisasi seperti sosialisasi BNN, sosialisasi kesehatan reproduksi remaja, sosialisasi kesehatan kulit, dan fun learning. Harapannya agar saat pelajaran sudah dimulai energi anak-anak sudah di charge dan sudah tercipta positive vibes”.



Antusias dari siswa siswi SMP Negeri 6 Malang sangat terlihat pada saat digelarnya gebyar ekstrakurikuler di hari ke 3 MPLS. Tak hanya bagi kelas 7, tetapi warna-warni pagelaran ekstrakurikuler juga disaksikan oleh seluruh warga SMP Negeri 6 Malang, baik siswa, guru, maupun staf turut serta menyemarakkan kegiatan tersebut.

“Proses MPLS bersama bapak ibu guru dan kakak osis sangatlah menyenangkan, kakak osis dan bapak ibu guru sangat kekinian sehingga proses belajar tidak membosankan, seruuuu deh pokoknya” ujar Danis salah satu siswa dari kelas 74.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Lyla teman sekelas Danis “alhamdulillah kegiatannya lancar, meskipun sedikit capek tapi seruuu, saya enjoy dan senang sekali”.

Semoga dengan terlaksananya MPLS tahun 2022 mampu membuat peserta didik baru mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Kalau sudah merasa nyaman, insya Allah pembelajaran akan lancar. ilmu yang diberikan guru juga akan diserap maksimal dan prestasi bias diraih dengan baik,

Author: shareevhidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published.